Hari Pahlawan, Dimaknai Sebagai Contoh Dari Para Pejuang Kemerdekaan, Untuk Berbuat Baik Sebanyak-Banyaknya

oleh -83 views

POSPENA.COM, Parimo – Kepala Dinas Sosial kabupaten Parigi Moutong, Ir. Irfan Marila, MSi mengatakan memperingati hari pahlawan merupakan momentum untuk mengambil contoh dari perjuangan para pejuang yang telah gugur dalam mengusir penjajah ditanah air Indonesia 

Hal itu dikatakanya kepada media ini saat diwawancara tentang makna hari pahlawan, yang diperingati setiap tahunya diseluruh indonesia

Dia mengatakan memperingati hari pahlawan, pemerintah daerah kabupaten Parigi Moutong tahun 2022 ini, pelaksanaanya agak berbeda dengan peringatan sebelumnya, tahun ini pelaksanaanya dilakukan di Desa Toribulu Kecamatan Toribulu dimana lokasinya berdekatan dengan makam pahlawan nasional Raja TOMBOLOTUTU, sebagai pahlawan nasional yang ditetapkan oleh pemerintah pusat pada tahun lalu.

Perlu diteladani bagaimana perjuangan para pahlawan bangsa yang sudah gugur kususnya kepada pahlawan nasional Raja TOMBOLOTUTU, dengan giginhya melawan Penjaja Bangsa dengan semboyanya ” Natuvu Nabaraka, Mamate Maupa “, yang berarti hidup penuh berkah, wafat meninggalkan nama, dengan semboyan itu, sebagai anak bangsa dalam mengisi hasil perjuangan para pahlwan dapat mengiplementasikan nilai-nilai kebaikan demi kemaslahatan bangsa dan negara, sehingga hal yang baik itu akan selalu diingat kita semua dan anak cucu kita kedepanya.

“Harapan dari pemerintah daerah khususnya instansi dinas sosial bahwa nilai juang terutama pahlawan kita semua, yakni Raja Tombolotutu. dimana kita sempat berziarah kemakamnya, mengambil contoh yang telah ditunjukan oleh beliau dalam berjuang melawan Belanda sampai akhir jayatnya. yang tidak pernah menyerah kepada Belanda sebagai pemerintah ditanah kita sendiri, inilah yang menjadi modal untuk menjaga membangun Indonesia kedepan.” terang Kadis Sosial Parimo.

SIDIK,SH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *