Dr.Osgar S Matompo,SH,MH,CLA : wujudkan Pemilu Yang Bermartabat,Cerdaskan Pemilih Tanpa Transaksional.

oleh -95 views

POSPENA.COM, Parimo – Wawancara terbuka bersama Dr.Osgar,S. Matompo, SH,MH,CLA tentang pemilu 2024 mendatang di Kelurahan Kampal Parigi Rabu,19 Oktober 2022.

Osgar panggilan akrabnya dalam keteranganya terkait perkembangan  politik dikabupaten Parigi Moutong menjelang pemilihan umum tahun 2024,menyikapi fenomena perpolitikan diparimo.

Dia mengatakan bagaimana mewujudkan pemilu sebagai perwujudan suatu kecerdasan pemilih kita dengan pola pikir rasional cara berpikirnya.Dimana politik itu kata Osgar sesungguhnya sebagai wadah menunjukan kedaulatan rakyat.

Rakyat berdaulat maka ada beberapa hal pandanganya yakni Suara rakyat adalah suara Tuhan.Kalaun kita mekakukan pemahanan secara harfiahnya dari aspek tata bahasa,bahwa rakyat itu menentukan pemimpinya yang memiliki kriteria amanah.yang mana amanah itu sesuatu bentuk memiliki tipe kepemimpinan yang dapat dipertanggung jawabkan kepada Allah SWT.Momentum ini semestinya,harus dijadikan sebagai moment pendidikan politik kepada masyarakat,edukasi politik,literasi politik,dan anggaplah itu pesan politik kepada masyarakat kita mendapatkan asupan pengetahuan,yang lebih luas lagi.yang sesungguhnya menggunakan hak pilihnya.Jangan dipengaruhi dengan cara-cara yang tidak bagus,seperti blackcampagn dengan cara menjelek-jelekan satu dan lainya,itu bukan calon pemimpin yang cerdas.

Dikatakan tipe pemimpin yang cerdas itu,setiap kompotitor – kompetitor dianggap sebagai rekan,untuk menunjukan bagaimana masyarakat bisa cerdas dalam menentukan pilihannya.justru moment ini kita tampil dimasyarakat adalah momentum dimana kita terlibat didalamnya,dengan tujuan bukan mengajak memilih salah satu calon,tapi bagaimana kita membangun suatu konteks bersama masyarakatembangun kemitraan untuk melihat keientingan masyarakat kedepan.

Jika ada pihak -pihak seperti itu,itulah pola dari bentuk-bentuk kolonialisme karena apa? Karena bahan itu masih banyak di ilhami dengan pemikiran-pemikiran bagaimana merekrut orang sebanyak-banyaknya,justru setelah dia mendapatkan kekuasaan,dia melupakan orang-orang yang mendukungnya.

Lanjut Osgar,intinya sekarang kita balik bagaimana mencerdaskan masyarakat kita supaya masyarakat kita kedepan itu,sudah cerdas menentukan sikap.dan pilihannya.Sehingga masyarakat tidak ada lagi pada kehidupan yang tidak tersentuh dengan program pembangunan.Pada perjalanan poitik,kalau sudah berada pada konsep yang sama,politik yang bermartabat Maka  kita tidak akan tersesat dijalan yang lurus untuk sebuah negeri.dimana keberadaan seseorang yang memiliki nilai kehormatan yang bermartabat,landasan besarnya adakah moral yaitu masyarakat yang beradab.

Harapanya kedepan nantinya kalau ada kandidat gunakan momentum itu,marilah turun kemasyarakat.karena saat saya turun ditengah -tengah masyarakat masyarakat menanyakan apa visi misinya,kalau saya punya visi misi berarti saya merancang begitu banyaknya kebohongan -kebohongan yang saya sampaikan,padahal sesungguhnya tentunya sesuai dengan harapan rakyat itu sendiri.

“Karenanya saya justru harus turun bersilaturahmi sesama masyarakat,Apa dan bagaimana masaalah yang ada di suatu daerah yang harus kita pikirkan bersama,itulah yang kita jadikan sebagai komitmen program ,sesuai kebutuhan didaerah,sehingga ketika diusung menjadi calon legislatif ataupun calon Bupati,sudah ada rumusan kebersamaan sehingga ada kontrol kebijakan tata kelolah pemerintahan kedepan.karena visi misi adalah rumusan kalimat yang dibuat sesuai dengan fakta-fakta empiris berupa fakta-fakta Lapangan,maka selanjutnya disusun dalam program.” Ungkap Dekan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Palu dua periode 2013-2017- 2021.

Sementara Drs.Alwan menanggapi sosok.pemimpin kedepan yang ideal,ia berpendapat pada prinsipnya pemimpin itu,intinya bagaimana sosok pemimpin memperhatikan dari sisi agidah,karena agidah itulah menjadi filter dalam menjalankan amanah rakyat,sebagai kontrol dalam kepemimpinan.

SIDIK,SH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *