Gubernur Sulteng: Gerak Cepat Menuju Sulawesi Tengah yang Maju Dan Sejahtera

oleh -21 views

Pospena.com – Palu Sulteng

Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura, Pada Kesempatan Berbicara Tentang Pembangunan Sulawesi Tengah Dengan Visi “Gerak Cepat Menuju Sulawesi Tengah Yang Maju dan Sejahtera” Pada Edisi Tayang Perdana Podcast Kabar 68 , Sabtu , 3 September 2022.
Maestro Media Sulawesi Tengah Kamil Badrun , bertindak sebagai Hoast pada Acara Podcast tersebut .
Kamil Badrun Menyapa Gubernur Sebagai Bapak dari Masyarakat Orang Susah , menyampai luar biasa atas kesempatan Gubernur yang hadir secara langsung pada Edisi Tayang Perdana kabar 68 Podcast.
” Gubernur menyampaikan rasa bangga dan bahagia bisa datang di Kabar 68 , Pemiliknya Maetro Media Sulawesi Tengah Kamil Badrun”, di Era Digital saat ini sudah harus membiasakan masyarakat untuk paham dan Mengetahui Perkembangan Tehnologi Digital saat.
Selanjutnya Gubernur menyampaikan bahwa Pembangunan Sulawesi Tengah sesuai Visi ” Gerak Cepat Menuju Sulawesi Tengah Yang Maju dan Sejahtera” dan memiliki Misi 9 , Tetapi Melihat Waktu yang singkat maka pada Periode I ini Gubernur memprioritaskan Pada beberapa hal :

  • Percepatan Penurunan Angka Stunting dan Angka Kemiskinan.
  • Peningkatan Kwalitas Pendidikan dan Kwalitas Kesehatan Masyarakat .
  • Peningkatan Fiskal Daerah .
  • Peningkatan Infrastruktur Daerah .
    Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura , yang mencurahkan Perhatian Penuh kepada masyarakat Yang yang Kurang Mampu ini .
    Menyampaikan bahwa pada 1 Tahun Pertama kepemimpinannya telah mampu Menurunkan Angka Kemiskinan 1 % , saat ini pemerintah Provinsi melakukan Roll model Program Penurunan Stunting terintegrasi dengan Kemiskinan .
    Selanjutnya Gubernur menyampaikan untuk meningkatkan Kwalitas Pendidikan melalui Program Pendidikan Gratis dan Sudah berjalan sejak Tahun 2022.
    Juga Pendidikan Vokasi , Gubernur menyampaikan bahwa untuk mempersiapkan anak anak Sulawesi Tengah yang memiliki kwalifikasi dan keahlian sesuai dengan kebutuhan Industri yang ada di Sulawesi Tengah , Saat atas Permohonan Gubernur Kepada Menteri Tenaga Kerja untuk ikut mendukung Pendidikan Vokasi Sulawesi Tengah sehingga Ibu Menteri Tenaga Kerja Membuka 2 BLK di Sulawesi Tengah ,1 BLK di Palu dan 1 BLK di Morowali.
    Selanjutnya untuk Peningkatan Fiskal Sulawesi Tengah , Gubernur menyampaikan bahwa Tahun 2022 ini PAD Daerah sudah dapat meningkat dari Rp. 900 M meningkat menjadi  1,3 T. Dan Cita Cita Gubernur Tahun 2026 PAD Sulawesi Tengah harus mencapai 2-3 T, sehingga Pemerintah Daerah bisa leluasa membuat program Peningkatan Pembangunan dan Kesejahtraan Masyarakat.
    “Untuk Mencapai Peningkatan PAD Sulawesi Tengah harus mempersiapkan Peran Perusda untuk ikut mengelola SDA , bisa mengambil peran dalam Pengelolaan Potensi Daerah , Kedepan Perusda harus bisa mengelola Blok Migas dan juga Mengelola Pelabuhan dan Mengambil Peran dalam Mengelola Transportasi Laut menuju IKN. Kata Gubernur.
    Selanjutnya Gubernur Menyampaikan bahwa Daerah sulawesi tengah harus mempersiapkan diri mulai sekarang menjadi daerah penyangga IKN , melalui Peningkatan Infrastruktur untuk meningkatkan koneksitas menuju IKN , Gubernur saat ini kita berbangga Kementrian Perhubungan telah membantu Kapal Laut Pantoloan – Kalimantan hanya Ongkos Rp. 19.000 /Orang Menuju Kalimantan , 
    Gubernur saat ini sudah mempersiapkan Kapal Roro untuk bisa mengangkut Mobil dan Penumpang Palu-Kalimantan , Sehingga usulan Gubernur Kepada Presiden RI Joko Widodo untuk Pembangunan Ruas Jalan dan Pelabuhan untuk Koneksitas menuju IKN .
    Gubernur juga menyampaikan saat ini sudah melakukan Pelelangan 6 Ruas Infrastruktur Jalan dengan Skema Multi Years melalui APBD ,  Skema ini dipilih untuk memberikan kepastian terwujudnya kwalitas infrastruktur Jalan sesuai harapan Masyarakat .
    Dan juga diusulkan 6 Ruas Jalan Melalui APBN untuk koneksitas Daerah menuju IKN.
    Gubernur Menyampaikan saat ini semua daerah wilayah barat Sulawesi mempersiapkan diri untuk berkompetisi dan berkolaborasi untuk mendukung Pembangunan IKN , bukan hanya Distribusi Barang , seperti Galian C , dan Selanjutnya
    [17.14, 3/9/2022] Muhtar AK. Laoni: Untuk Mendukung Kebutuhan Pokok Masyarakat IKN nanti tapi Sulawesi Tengah juga harus mempersiapkan SDM untuk berperan sebagai pengelola IKN.
    Gubernur Juga menyampaikan berharap untuk Membangun Daerah harus ada Kalaborasi dan Keberanian sehingga Gubernur sudah menyampaikan Presiden RI , harus kita Memaksa Rakyat Pintar , sehingga Gubernur Meminta Setiap Desa harus ada Program Smart Village , namun sampai saat ini Menteri Desa, Daerah Tertinggal dan Trasmigrasi belum menandatangani Pemanfaatan Dana Desa Untuk Program tersebut , tetapi dalam waktu dekat hal ini akan Gubernur laporkan kepada Bapak Presiden RI.
    Selanjutnya Gubernur juga mengharapkan ada Program Jaminan Kesejahtraan Sosial masyarakat lewat BPJS Ketenagakerjaan , Pemerintah Provinsi akan membantu Melalui APBD untuk 300 Desa Tertinggal dan Sangat Tertinggal untuk memberikan jaminan Sosial Kepada Masyarakat Miskin Renstan dengan Skema , Nanti Masyarakat yang diberikan jaminan bilamana terjadi hal yang kepada masyarakat seperti kecelakaan dan lainnya akan mendapat perlindungan “itu Mimpi Saya ” Pemerintah harus hadir dalam setiap kondisi masyarakat.
    Gubernur juga mengharapkan kepada Bupati , Camat , Kepala Desa , Agar melihat Kondisi Lahan Masyarakat , jangan sampai ada tanah masyarakat Tidak diolah , kalau alasan tidak ada modal untuk mengolah agar dimanfaatkan Pinjaman Bank BRI dengan Skema Bunga 3% , “Sehingga kemudahan dan bunga ringan tersebut termanfaatkan oleh Masyarakat dan UMKM , bukan dimanfaatkan Pengusaha Besar, Kata Gubernur.
    Diakhir Wawancara tersrbut Gubernur , Mengapresiasi bung Kamil Badrun , yang terus melakukan terobosan dalam pengelolaan Media seiring dengan Perubahan Tehnologi yang semakin Canggih dan bisa mempekerjakan Mahasiswa dan Anak anak sulawesi tengah yang memiliki keahlian dalam Pengelolaan Media .
    Selamat Buat Kamil Bandrun  Terus Berkembang dan Semakin Sukses . 

Sumber: Biro Administrasi Pimpinan

SIDIK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *