Sunaryo Warga Desa Sausu Torono Siapkan Ternak Sapi Unggul Sebagai Penyangga Pangan IKN Kaltim

oleh -24 views

Pospena.com – Parimo Sulteng

Sunaryo warga desa Sausu Torono mengaku siap untuk menjadi penyangga pangan daging sapi persiapan Ibu Kota Negara ( IKN) Kalimantan Timur Paser Utara Panajam.

Hal itu dikatakanya saat diwawancara di tempat pengembangan sapi unggul di desa Sausu Torono Sabtu,4/9/2022

Dia mengatakan pihaknya siap sebagai penyangga pangan daging sapi untuk persiapan IKN yang ada di Kalimantan timur, karena ditahun 2021 ia bersama Bank Indonesia BI perwakilan Sulteng sudah melakukan penandatanganan kesepakatan MoU dengan pemerintah setempat di Kalimantan.

Dia menjelaskan kesepakatan kerjasama disaksikan enam Bupati dan satu walikota yang ada di Kalimantan Selatan juga di Kalimantan timur. Dalam kunjungan tersebut pihaknya bersama  Bank Indonesia ( BI ), sebagai lounching perdagangan.

Untuk sapi unggul di kabupaten Parigi Moutong yang berpusat  di desa Torono, dari tahun 2007 pihaknya sudah mengirim sapi unggul jenis lemusin ke Kalimantan.

“Seberapapun jumlah sapi unggul yang dikirim ke Kalimantan pihak pemerintah disana sangat merespon dengan baik, apalagi bibit yang di siapkan juga berasal dari Pasuruan Jawa timur, tentunya memiliki bobot yang cukup besar”, ungkapnya

Meskipun pengembangan sapi unggul sudah merambah di kabupaten lainya di sulteng termasuk kabupaten Morowali pihaknya tetap melakukan pengembangan sapi unggul di desa sausu Torono, karena pihak pemerintah Kalimantan siap menerima, apalagi Parigi Moutong masih zona hijau dari PMK, jadi sangat cocok dikembangkan sapi unggul.

“Ia mengaku tahun 2021 sapi unggul miliknya sudah dibeli oleh Bapak Presiden RI Ir.H. Joko Widodo dan Bapak H. M. Ali dan Ibu Nilam Sari Lawira dari partai Nasdem sebanyak 35 ekor dengan harga bervariasi dari 15 juta hingga 45 juta”, terang Sunaryo 

SIDIK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *