Sosialisasi Mangrove di Desa Posona Kecamatan Kasimbar

oleh -120 views
Ketua LSM-AMP, Camat Kasimbar, Kabid Penataan Lingkungan Hidup, DLH Kab. Parigi Moutong, Foto : Pospena

KASIMBAR, Pospena.Com– Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Parigi Moutong meninjau lokasi tempat penenaman dan rehabilitasi Mangrove serta dilanjutkan dengan sosialisasi Mangrove di Desa Posona kecamatan Kasimbar kabupaten Parigi Moutong. Kegiatan tersebut di prakarsai oleh Kepala Desa Posona Emli Sy. Hi Tapparang bekerjasama dengan LSM Aliansi Masyarakat Pesisir  yang dihadiri Camat Kasimbar, Kepala Desa Posona, BPD Desa Posona, masyarakat, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda. Kegiatan sosialisasi ini di laksanakan di lokasi tempat penanaman dan rehabilitasi Mangrove Desa Posona.

Dalam sambutanya Camat Kasimbar Abd. Manan, S.Pd, MM sangat mengapresiasi kegiatan penanaman mangrove dilaksanakan di wilayahnya serta berterima kasih kepada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Parigi moutong yang telah memberikan sosialisasi tentang pentingnya tanaman mangrove bagi masyarakat yang salah satunya adalah untuk menahan abrasi pantai, ”Saya atas nama Pemerintah Kecamatan Kasimbar sangat mengapresiasi serta berterimakasih atas dilaksanakan sosialisasi Mangrove terutama kepada DLH Kab. Parigi Moutong serta Kepala Desa Posona dan LSM – AMP yang sudah memfasilitasi kegiatan ini  ”.

Sementara  Moh. Idrus, S.Pi, MAP selaku Kepala Bidang Penataan Lingkungan yang datang meninjau lokasi di desa Posona dan juga sebagai narasumber dalam sosialisasi mangrove mengatakan “ Penanaman dan rehabilitasi mangrove sangat penting di wilayah pesisir pantai untuk menahan abrasi serta dapat menjaga ekosistem laut”. Bahkan beliau juga berencana akan memberikan pelatihan pengawasan lingkungan kepada masyarakat ”Kami pada tahun 2021 mendatang merencanakan mengadakan Pelatihan Pengawas Lingkungan Hidup untuk masyarakat”, tuturnya diakhir pemaparan sosialisasi.

Ketua Umum LSM Aliansi Masyarakat Pesisir Arifin Lamalindu, S.Pd dalam kegiatan tersebut mengatakan kerjasama LSM- AMP yang dipimpinya dengan Desa Posona adalah untuk menyakinkan masyarakat nelayan bahwa penanaman dan rehabilitasi mangrove ini sangat bermanfaat bagi masyarakat bahkan rencanyanya lokasi penanaman ini akan dijadikan lokasi untuk edukasi dan wisata mangrove. Saat kami (media –Red) menanyakan motivasi LSM dalam kegiatan ini beliau mengatakan ”Kami LSM-AMP yang bergerak dalam pengawasan dan pelestarian Lingkungan Hidup ingin meyakinkan kepada masyarakat khususnya nelayan bahwa Mangrove itu sangat bermanfaat dan banyak fungsinya oleh karenanya kami LSM-AMP akan selalu membantu Pemerintah dalam pengawasan dan pelestarian ekosistem mangrove dimana salah satunya adalah bekerja sama dengan Pemerintah Desa”.

Salah satu tokoh masyarakat yang juga sebagai Ketua BPD Desa Posona Kosi Duma (Opa)  saat kami wawancarai mengatakan “saya secara pribadi dan sebagai Ketua BPD Desa Posona sangat mendukung dan berterima kasih kepada semua pihak yang datang memberikan sosialisasi ini serta meminta rencana penanaman dan rehabilitasi mangrove ini untuk segera di realisasikan”.

HASAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *