Bantuan Pasca Gempa Tahap Dua di Parimo Tinggal Menunggu Verifikasi Dan Uji Publik

oleh -377 views
Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Parimo, Tri Nugraha. Foto: TM

PARIMO, Pospena.com- Penyaluran bantuan Tahap Dua Rusak Ringan dan Rusak Sedang di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo)  segera direalisasikan, Parimo yang terdampak Gempa 28 september tahun 2018 lalu, menghancurkan ribuan rumah yang terbagi dari tiga kategori, yakni rusak parah, sedang dan ringan.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kabupaten Parimo melalui Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Parimo, Tri Nugraha yang ditemui Pospena.com Senin 24/02 di ruang kerjanya baru-baru ini mengatakan, ada empat kelompok tim yang turun kelapangan untuk melakukan verifikasi dan validasi, tingkat kerusakan yang masuk dalam data by name by address (BNBA).

“Usai verifikasi, ada satu tahapan lagi, yakni uji Publik, setelah itu paling lama seminggu, akan disalurkan, apabila proses uji Publik tidak ada yang komplen,”jelasnya.

Lanjut Tri Nugraha, Apa bila masih ada penerima yang ragu terkait tingkat kerusakannya maka akan dipending dulu karena harus menunggu hasil pemeriksaan dari tim tehnis terkait kerusakan rumahnya.

“Penyaluran dana ini tidak harus menunggu verifikasi data sebanyak 5012 rumah, tetapi misalnya kota parigi sebanyak 100 rumah sudah valid data dan dokumen pendukung terkait tingkat kerusaknnya, maka akan segera di salurkan,”kata Tri Nugraha.

Dia menambahkan, sistim pengelolaan bantuan rehab rumah rusak ringan  dan sedang kali ini, dibagi empat Zona, Zona satu dari Kecamatan kasimbar sampai Kecamatan parigi tengah, Zona Dua yakni Kecamatan Parigi yang tingkat kerusakan banyak, sehingga hanya ada dua kecamatan, dan selanjutnya ada zona tiga dan empat dari Kecamatan Parigi Selatan sampai Kecamatan Sausu, Tutupnya.

TOMMY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *