Pemdes Baliara Salurkan 3000 lebih Bibit Kepada Kelompok Tani

oleh -390 views
Kepala Desa Baliara, Iwan Hanusu (tengah) bersama dengan Sekdes, Ishak T Mahripi (kanan) saat menyerahkan bantuan bibit kepada perwakilan kelompok tani Desa Baliara. (Foto/Tomy)

PARIMO, Pospena.com- Pemerintah Desa (Pemdes) Baliara, Kecamatan Parigi Barat, Kabupaten Parimo, membagikan bantuan bibit sebanyak 3012 pohon kepada sejumlah kelompok tani di Desa Tersebut, Selasa (17/07/18).

Dari 3012 bibit tersebut, terdiri dari bibit pohon coklat sebanyak 1000 pohon, yang dibagikan kepada empat kelompok tani, 1000 pohon bibit durian montong dibagikan kepada empat kelompok tani, serta 980 pohon bibit rica jawa yang juga dibagikan kepada empat kelompok tani.

Penyerahan bantuan bibit (Foto/Thomy)

“Sementara 32 bantuan bibit lainnya, yaitu bibit tomat, dibagikan dalam bentuk kemasan. Tinggal nantinya para kelompok tani yang menerima, akan menanamnya,” jelas Kades Baliara, Iwan Hanusu, kepada Pospena.com.

Saat ini tambah dia, untuk bibit pohon durian montong separunya masih dalam tahapan pengangkutan dari tempat pembelian ke Desa Baliara. Untuk bibit pohon rica jawa dan juga coklat, itu siap disalurkan kepada penerima bantuan tersebut.

Anggaran pengadaan bibit-bibit tersebut kata Iwan, itu berfariasi. Kalau bibit coklat kata dia, memakan anggaran sebesar Rp.13 juta, untuk 1000 pohon bibit, durian montong sebesar Rp. 18 juta untuk 1000 pohon bibit, dan Rp.8.820.000 untuk pengadaan bibit pohon rica jawa.

“Kalau bibit tomat, yang disalurkan dalam bentuk kemasan, itu memakan anggaran sebesar Rp. 5.540.000, untuk 32 bungkus,” jelasnya.

Kepada seluruh kelompok tani yang menerima bantuan bibit tersebut dia berharap, agar dapat memanfaatkan apa yang sudah dibantukan dari pemerintah, serta bisa merawat tanaman-tanaman tersebut.

“Harapan saya, semoga dengan adanya bantuan bibit yang diberikan sesuai dengan keinginan serta pengalaman bercocok tanaman masyarakat ini, setidaknya bisa membantu menaikan taraf hidup para petani yang diberikan bantuan tersebut,” harapnya. THOMY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *