2000 Sertifikat Tanah Akan Diserahkan Kepada Masyarakat, Pada Puncak Hari Ikan Nasional Tahun 2022 

oleh -31 views

POSPENA.COM, Parimo – Dalam rangka Hari Ikan Nasional dikabupaten Parigi Moutong yang akan digelar 19- 21 November 2022,pemerintah daerah akan melaksanakan penyerahan 2000 sertifikat tanah kepada masyarakat.

Hal itu disampaikan kepala bidang pertanahan pada Dinas PUPRP kabupaten Parigi Moutong, Renaldi kepada jurnalis pospena.com, selasa (8/11/2022)

Dia mengatakan penyerahan sertifikat hak milik tanah masyarakat, bukan acara utama, namun hanya sebagai acara tambahan karena memang penyerahan sertifikat merupakan primadona sebagaimana dilaksanakan pemerintah pusat diberbagai daerah.

“Karena itu bapak bupati menangkap aura itu secara positif bertepatan dengan kegiatan hari ikan nasional dikabupaten Parigi Moutong, kenapa tidak kita serahkan sertifikat masyarakat kabupaten Parigi moutong, Bupati menyampaikan dengan pihak BPN melalui saya selaku Kabid pertanahan yang memiliki tupoksi itu, sehingg saya melakukan survey dimana di BPN ada program PTSL, Redis, dan program lintor.”

Renaldi menjelaskan dasar itulah kita mendapatkan 2000 sertifikat tanah yang akan diserahkan pada peringatan hari ikan nasional nantinya.

Adapun jumlah penerima Redis retribusi tanah dalam rangka agraria berupa lahan perkebunan dan pertanian sejumlah 1100 sertifikat penerima 724 orang. Inilah yang menjadi konsentrasi saya bagaimana acara ini terlaksana dengan baik, berdasarkan informasi dari panitia penyelenggara acara penyerahan sertifikat tersebut akan diserahkan melalui Bapak Presiden atau wakil Presiden.

Untuk penyerahan sertifikat tersebut dilakukan secara acak, dengan menghadirkan 2000 orang penerima dan teknisnya pihak BPN yang mengatur, saya selaku Kabid pertanahan hanya mengkoordinir penyerahanya tanggal 21 pada acara puncak.

“Tujuan utamanya untuk memastikan hak keperdataan masyarakat terhadap tanahnya, sehingga moment yang baik ini diserahkan sertifikat itu secara umum 2000 sertifikat dengan penerima 1366 orang. terdiri dari lintas sektor 130 sertifikat khusus UKM untuk pelaku usaha ekonomi menengah yang menjadi tanggung jawab dinas koperasi UKM, sedang untuk PTSL Pendaftaran Tanah Sistim Lengkap 770 sertifikat.” terang RenaldiĀ 

SIDIK,SH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *