Pemdes Uevolo Gelar Sekolah Pelatihan Rescue

oleh -18 views

POSPENA.COM, Parimo – DANREM 132 TADULAKO yang diwakili oleh KASITER REM 132 TADULAKO Kolonel inf. Fifin Sudi Sainidin S.Pd, Resmi membuka SEKOLAH VERTICAL RESCUE yang berlangsung selama 4 hari sekaligus meresmikan pembangunan jembatan gantung Tadulako II yang di buat oleh anggota Vertical Rescue yang di dukung penuh oleh KOREM 132 TADULAKO pada hari kamis, 20/10/2022 sekitar jam 14.00 wita di Likunggavali Desa Uevolo, Kec. Siniu, Kab. Parigi Moutong.

Kegiatan ini di hadiri oleh Danrem 132 TDL di wakili Kasiter rem 132 TDL Kolonel inf. Fifin Sudi Sainidin S.Pd.,Kepala Desa Uevolo Ihwan Taha, Sekcam Siniu Muhlis SP., Danramil parigi Kapt inf. Syamsir Alam, Wakapolsek Ampibabo Ipda I Dewa Eka Winaya, Ketua PMI Kab.Parigi di wakili Staf Fadli, Komandan Vertikal Rescue Indonesia Tedi Ixdiana, serta warga masyarakat Desa Uevolo.

Pada pembukaan kegiatan tersebut di awali pembacaan doa oleh ust. Ruhman,sambutan kedua di sampaikan koordinator Vertical Rescue komandan sulteng Wawan Wiranto, Wawan menyampaikan bahwa metode pelatihan akan di sampaikan terdiri dari 20% materi kelas dan 80% materi praktek yang di adakan di area Likunggavali desa Uevolo, harapan wawan semoga kegiatan ini berjalan dengan lancar.

Sambutan ketiga kepala desa Uevolo yang di wakili oleh jurubicara pemdes Uevolo Unny Abdullah, dalam hal ini beliau menyampaikan “kami memang mempromosikan iven ini agar dunia tau inilah Uevolo dan desa uevolo ini memang sudah menjadi destinasi wisata mulai dari Air terjun sampai terumbu karang yang ada di laut, pada tahun 2009 di adakan Louncing Likunggavali oleh menpora Adhiyaksa daud melaksanakan lomba panjat tebing se Asia Tenggara dan pada saat Kegiatan Sail Tomini tahun 2015 Uevolo masuk tayangan nasional ON THE SPOT TRANS 7 karena menemukan adanya batu akik yang mirip Ka’bah yang berada di Saudi Arabia, batu akik tersebut juga menjadi cendramata oleh para tamu lokal maupun luar negeri yang datang meninjau batu akik tersebut, Lanjut Unny oleh karena itu desa Uevolo pernah di berikan penghargaan menjadi desa wisata yang ada di indonesia, Namun sayangnya tak ada sentuhan dari pemerintah daerah kabupaten Parigi Moutong. Harap Unny mudah mudahan ada sentuhan demi terjaminya dan berlangsungnya tebing dan air terjun ini dengan adanya program Akses 1000 jembatan gantung oleh Vertical Rescue dan TNI pihak pemdes uevolo akan bersinergi dalam hal pemeliharaan jembatan gantung ini. Tutup Unny

Sambutan terakhir dari Kasiter Rem dalam hal ini mewakili Danrem 132 Tadulako beliau menyampaikan “Alhamdulillah kita diberi kesehatan dan kesempatan dipertemukan di kegiatan sekolah Rescue tingkat I yang dilakukan oleh Vertikal Rescue bekerja sama dengan Korem 132 Tadulako dalam hal ini program 1000 Jembatan gantung Se indonesia yang kali di bangun satu jembatan gantung yang ada di Likunggavali desa Uevolo, kec. Siniu, Kab. Parigi Moutong yang memakan waktu 1 minggu lamanya, sebelumnya jembatan sudah di bangun di desa tangkura dan sangginora poso sulteng, maka dari itu pihak korem mengikut sertakan anggotanya untuk ikut sekolah Vertical Rescue mengingat sesuai amanat UU No.34 Tahun 2004 yang Isi nya : TNI mempunyai kewajiban pertolongan dalam bencana alam dalam umsp tentara harus mampu mencari dan menolong masyarakat terdampak bencana alam, karena kita ketahui bersama bahwa di tingkat dunia bahkan di indonesia terutama di sulawesi tengah kita masih rawan dampak bencana alam, maka dari itu Kasiter mengharapkan kita harus melakukan hal hal kecil yang bermanfaat sehingga menjadi hal hal yang besar yang bermanfaat bagi orang banyak. Tutup Kasiter

*Rilis : Moh Amin Pasau

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *