Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura, Melakukan Pencanangan Gerakan Cepat Komitmen Bersama Penurunan Stanting Terintegrasi Penurunan Kemiskinan di Sulawesi Tengah

oleh -63 views

POSPENA.COM – Pencanangan Gercep Komitmen Bersama Penurunan Stunting terintegrasi dengan Kemiskinan Gubernur didampingi Ketua Komisi III dan Komisi IV DPRD Provinsi Wakil Bupati Sigi , Ketua TP.PKK Kabupaten Sigi, Stap Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan dan Kesra Dr. Rohani Mastura, M,Si, Kepala Bappeda Selaku Ketua Tim dan Kepala OPD Lingkup Provinsi Provinsi Sulawesi Tengah, Kepala PT. Bank Sulteng dan Kepala BKKBN Sulawesi Tengah
Program Gercep Penurunan Stunting terintegrasi dengan Kemiskinan Terkoordinasi lewat Program OPD Provinsi , Kemintrian dan OPD Kabupaten.
Laporan Ketua Pelaksana Kepala Bappeda Provinsi , Dr. Ir.Cristina Sandra Tobondo , MT. Menyampaikan ucapan terimakasih kepada Gubernur atas perkenannya dapat hadir untuk melounching Gerakan Komitmen bersama untuk Penurunan Stunting Terintegrasi dengan kemiskinan,
Gerakan Cepat Komitmen Bersama Penurunan Stunting yang terkoordinasi dengan kemiskinan didasarkan pada Peraturan Daerah Nomor 17 Tahun 2021 tentang Penurunan Angka Kematian Ibu , Bayi dan Stunting , Perda Nomor 13 Tahun 2021 Tentang RPJMD Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2021-2026, Keputusan Gubernur Nomor 440.05/27 /DP2KB-G.ST/2022, tentang Tim Percepatan Penurunan Stunting Sulawesi Tengah Tahun 2022.
Selanjutnya Kepala Bappeda Menyampaikan bahwa dalam rangka percepatan Penurunan Stunting Pemerintah Provinsi telah membuat sebuat program kreatif yang dinamakan Desa Pilot Project siap Gencar dan Aman Stunting .
Program tersebut merupakan bagian dari fungsi pemerintah provinsi untuk melaksanakan fasilitasi dan supervisi serta pembinaan dan pengawasan penerapan 8 Aksi Integrasi Baik Intervensi Gizi Spesifik maupun Sensitif bagi keluarga sasaran Prioritas.
Program ini menjadi Role Model (Best Practice) bagi desa desa lainnya di sulawesi tengah dalam upaya menurunkan Stunting lebih Cepat dan Efektip dengan Tag Line “SIAP GENCAR DAN AMAN STUNTING’ YAITU MEMPERSIAPKAN GENERASI SULAWESI TENGAH 1000 HPK MENUJU GENERASI CERDAS, PRODUKTIF, SEJAHTERA DAN MANDIRI”
Program Inovatif ini akan dilaksanakan di 2 Kabupaten , antara lain Kabupaten Sigi dan Kabupaten Parigi Moutong .
Di Kabupaten Sigi Dilaksanakan di 3 Desa Desa Pakuli, Waturalele, dan Desa Sibalaya, dan Kabupaten Parigi Moutong di laksanakan di Desa Marantale, Siney dan Desa Tudalenggi Sibatang.
Tujuan pelaksanaan Pencanangan komitmen bersama Kampanye Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2022 adalah , Agar terlaksananya Koordinasi dan Konvergensi dalam Tim Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Sulawesi Tengah dan Juga sebagai Tindak lanjut Hasil Rekomendasi Tim Fasilitator Tangguh Inovasi Desa Siap Gencar Aman Stunting .
Selanjutnya Kepala Bappeda Melaporkan bahwa atas hasil pelaksanaan Lokakarya Tim Fasilitator Inovasi Siap Gencar Aman Stunting serta upaya Pelaksanaan Aksi Konvergensi percepatan Stunting telah dilaksanakan Kegiatan berupa:

  • Melaksanakan Sosialisasi Tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang dilaksanakan Oleh Dinas Kesehatan Provinsi.
    –  Melaksanakan Sosialisasi Tentang Pencegahan Pernikahan Dini dan Kesehatan Reproduksi dilaksanakan Dinas P2KB.
  • Melaksanakan kegiatan Nonton Bareng Film Pendek tentang Tema Perbikahan Dini dan Stunting dilaksanakan oleh BKKBN.
  • Pelaksanaan Kegiatan FGD Tentang Peran Pemerintah Desa dan Lembaga Kemasyarakat Desa dalam Upaya Penurunan Kasus Stunting dilaksanakan Dinas PMD Provinsi.
  • Pelatihan dan Sosialisasi Tentang Pengolahan Makanan Tambahan bagi Bayi dan Anak dilaksanakan oleh Tim TP. PKK Provinsi dan Kabupaten
  • Melaksanakan Kegiatan Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera dalam pengelolaan Cabe Dinas P2KB, Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi.
    –  Memberikan Paket berupa beras Fotivit , Minyak Goreng , Tepung Terigu dan Gula Kepada Ibi Hamil Dilaksanakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi.
  • Pemberian Bantuan Pemasangan KWH Meter Lisyrik kepada Keluarga Kurang Mampu Oleh Dinas ESDM , dan Juga Untuk Memeriahkan HUT RI Ke 77 serta kampanye Gerakan Cepat Penurunan Stunting terkoordiansi dengan Kemiskinan dilaksanakan Lomba -Lomba antar desa yang berhubungan dengan Penurunan Stunting Seperti Lomba Kebersihan , Lomba mengolah Makanan tambahan  yang bergizi dan lomba mengolah makanan bubur Kelor untuk anak.
    Selanjutnya Wakil Bupati Sigi Samuel Pongi Mewakili Bupati Menyampaikan sambutannya .
    Ucapan Terimakasih Kepada Gubernur yang terus berupaya keras untuk memberikan dukungan kepada Masyarakat pada umumnya tidak terkecuali Masyarakat Sigi.
    Gubernur telah banyak memberikan dukungan di Kabupaten Sigi Utamanya Pembangunan Infrastruktur Pembanguna Jalan Koneksitas dan Pembangunan Industri seperti Mendorong Pembangunan Pabrik Tepung Tapioka , juga Kita ketahui akan dilakukan Pembanguna  Jalan Bora – Pakuli dan Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat dan Meningkatkan Kesejahtraan Masyarakat .
    Atas Perhatian dan Dorongan Gubernur untuk memajukan Pembangunan Kabupaten Sigi , Masyarakat Sigi sangat berterimakasih atas segala upaya Yang dilakukan Gubernur.
    Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura , menyampaikan Apresiasi Kepada Kepala Bappeda dan semua OPD yang berkalabosari untuk melaksanakan Program Sebagai Komitmen Bersama untuk menurunkan Stunting yang terkoordinasi dengan kemiskinan.
    Gubernur Juga Menyampaikan harapannya kepada Masyarakat utamanya Ibu Hamil agar terus melakukan pemeriksaan kehamilan dan terus menjaga asupan Gizi baik pada waktu Mengandung dan juga setelah melahirkan baik terhadap ibu Menyusui dan Buat Anak Balita 1000 Hari Kehidupan .
    Gubernur Mengisahkan betapa mulianya seorang Ibu dapat memberikan perhatian serius dalam pertumbuhan anaknya , Gubernur masih Ingat Ibu Sering Meyuapi anak dari Kunyahan Mulut Ibu dan diberikan kepada anaknya  ini bentuk upaya bentuk harapan ibu agar anaknya tumbuh sehat.
    Selanjutnya Gubernur Mengharapkan Perhatian Serius Kepala OPD untuk terus melakukan Program yang dapat meningkatkan Kwalitas Hidup Masyarakat , Kwalitas Kesehatan Masyarakat dan Kwalitas Pendidikan Masyarakat , dan Meningkatkan Kesejahtraan Masyarakat.
    Gubernur Juga Menyampaikan Banyak Ide dan Program yang dipikirkan tetapi masih terbatas yang dilakukan karena keterbatasan Anggaran .
    Sehingga Gubernur terus berupaya untuk meningkatkan Fiskal Daerah , Kita Bersyukur APBD Kita Tahun 2023 sudah meningkat diatas 5 Triliun dan PAD kita dapat meningkat , Tahun ini Juga Peruda Sulawesi Tengah dapat menyumbang Tehadap PAD sebesar 120 M , Selama ini Perusda selalu Merugi.
    Gubernur Juga Menyampaikan bahwa Perhatian Gubernur Dalam Masa Kepemimpinannya adalah Peburunan Angka Stunting dan Penurunan Angka Kemiskinan, Pendidikan dan Infrastruktur dan Peningkatan Fiskal.
    Kita bersyukur satu tahun kepemimpinan Saya Angka Kemiskinan Sulawesi Tengah bisa Berkurang 1 % , Fiskal Daerah dapat meningkat 6 % dan Pertumbuhan Pembangunan Kita bisa tumbuh 11,7% dan Investasi Kita Nomor 3 Terbesar di Indonesia.
    Selanjutnya Gubernur Menyampaikan bahwa untuk pendidikan, Tahun 2022 Pendidikan Gratis sudah dilaksanakan dan Gubernur Menyampaikan bahwa Sekolah SMA/SMK dan SDLB Sudah Gratis.
    Pembangunan Infrastruktur akan dilaksanakan untuk mendukung Kesiapan Sulteng sebagai penyangga IKN seperti Percepatan Pembangunan Ruas Jalan Bangga – Watatu, Ruas Jalan Kasimbar – Tambu , Ruas Jalan Sienjo – Sapi , Ruas Jalan Kalamanta – Batas Provinsi dan Ruas Jalan Bora – Pandere tetapi Gubernur Minta diterukan Ke Pakuli sehingga Ruas Jalan Bora – Pakuli.
    Gubernur Juga Menyampaikan akan terus meningkatkan Kwalutas Infrastruktur dan Pembangunan Seluruh Kabupaten dengan Cara Mengajak seluruh Bupati dan Walikota untuk Meningkatkan Kalaborasi dan Kebersamaan untuk Membangun Sulawesi Tengah yang lebih Maju dan Lebih Sejahtera .
    Biro Administrasi Pimpinan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *