Kapolsek Torue Menyebutkan Telah Terjadi Banjir Disejumlah Desa Di Kecamatan Torue

oleh -89 views

POSPENA.COM – Kapolsek torue I KOMANG DARMAWA ADI, SH mengatakan telah terjadi banjir disejumlah kecamatan Torue,dimana saat kejadian banjir yang terjadi didesa Torue pada hari ini Minggu,14/8/2022.

Dia menjelaskan Bencana Banjir di wilayah Kecamatan Torue Kabupaten Parigi Moutong Pada hari Minggu tanggal 14 Agustus 2022 telah terjadi Banjir dibeberapa Desa di wilayah Kecamatan Torue akibat curah hujan yang tinggi yang turun dari pukul 12.10 Wita s/d 14.30 Wita sehingga menyebabkan meluapnya air sungai hingga menggenangi jalan umum dan beberapa rumah warga, dengan titik banjir sbb :

Meluapnya air disungai Torue dengan ketinggian air sekitar 1 meter naik hingga kebadan jalan Trans Sulawesi hingga merendam beberapa rumah warga di Desa Torue dan untuk sementara akses jalan belum bisa dilalui oleh kendaraan dikarenakan air yang menggenagi jalan cukup deras namun saat ini hujan sudah mulai reda dan perlahan volume air mulai surut. Belum ada korban jiwa yang ditemukan dalam bencana banjir tersebut serta kerugian materiil belum bisa perkirakan.

Meluapnya sungai Penebel mengakibatkan banjir di Desa Tolai Timur dan menggenangi jalan dan beberapa rumah warga dengan ketinggian air sekitar 40 cm namun kendaraan masih bisa melintas dan kerugian meteril belum dapat dipastikan.

Meluapnya sungai Dusun VIII Penebel Desa Tolai yang berbatasan dengan dusun Palasari Desa Balinggi Kec. Balinggi banjir melewati badan jalan namun masih bisa dilalui oleh kendaraan R2, R4 dan R6.

Banjir yg terjadi di beberapa desa wilayah Kec.Torue di akibatkan curah hujan yang tinggi terutama diderah pegunungan dan adanya material berupa sampah dan ranting kayu yang hanyut menyumbati aliran sungai sehingga air sungai meluap naik kebadan jalan dan pemukiman warga.

Banjir yang terjadi di Desa Torue merupakan banjir kedua setelah banjir bandang pada tanggal 28 Juli 2022 sehingga tanggul yang telah diperbaiki kembali jebol dan pekerjaan mengalami kendala akibat banjir.

Tidak menutup kemungkinan bencana banjir dilokasi yang sama akan kembali terjadi apabila terjadi hujan dengan intensitas yg cukup tinggi melihat sempitnya dan dangkalnya sungai yg tidak bisa di tampung sehingga nantinya dapat menimbulkan kerugian ataupun kerusakan yang lebih besar jika bencana banjir kembali terjadi. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *