Dampak Pandemi Penyebab Mandeknya Koperasi

oleh -11 views
Kadis Koperasi dan UMKM Parigi Moutong Sofiana

Parigi, Pospena.com – Dampak berkepanjangannya Pandemi Covid-19 menjadi salah satu penyebab madeknya ratusan Koperasi di Kabupaten Parigi Moutong.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Parigi Moutong, Sofiana menyebutkan, total keseluruhan Koperasi di Parigi Moutong berjumlah 225, baik koperasi simpan pinjam, primer dan semua sektor pertanian, perikanan serta peternakan.

“Karena berbagai kendala, salah satu faktor banyak Koperasi mandek, akibat dampak dari Pandemi Covid-19. Sehingga, ada yang aktif dan ada juga tidak aktif, maka kami kategorikan tidak sehat,” sebutnya.

Lanjut Sofiana, meski dengan berbagai kendala tersebut yang terjadi, pihaknya berupaya mendukung kemajuan, kemandirian serta berdaya saing terhadap seluruh koperasi. Oleh sebab itu, mulai saat ini sudah perlu bagi Koperasi memiliki management yang baik, mulai dari struktur ketua sampai keanggotanya dan juga badan pengawasnya transparan.

“Untuk memberikan penguatan keseluruh lembaga semua Koperasi, makanya kami memberikan dukungan melalui pelatihan, berupa cara mengelola koperasi di bidang administrasi, pengenalan dalam rapat anggota tahunan,

manajemen dan komitmen dalam kepengurusan kelembagaan,” katanya.

Sofiana berharap, semua koperasi yang ada di Parigi Moutong segera banhkit dan bisa menjadi lebih maksimal, mandiri, serta terus berkembang dan mampu berdaya saing.

“Kami akan mengevaluasi kembali semua koperasi – koperasi yang ada di Parigi Moutong dalam tiga bulan kedepan, terkait bagaimana perkembangan maupun kendala yang didapatkan dari koperasi itu sendiri,” pungkasnya. (PP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *