Rombongan Pemkab Mitra Bertandang ke Parigi Moutong

oleh -1 views

Tinombo, Pospena.com – Rombongan Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Pemkab Mitra) bertandang ke Kabupaten Parigi Moutong, Rabu (06/10/2021).

Dalam kunjungannya, Bupati Mitra James Sumendap bersama rombongannya diterima langsung Samsurizal Tombolotutu di Tinombo, terkait studi komparasi kearifan lokal yang selalu terjaga.

“Saya ucapkan selamat datang di Kabupaten Parigi Moutong. Ini adalah miniaturnya Indonesia, dan semua suku hidup berdampingan secara baik di sini, ada Bali, Jawa, Manado dan lain lain. Di sini ada perkampungan Sangir dan Minahasa, dan bahasa atau dialek Masyarakat sini bercampur dengan bahasa Manado,” kata Samsurizal saat menyambut Rombongan Pemkab Mitra.

Secara garis besar, Samsurizal Tombolotutu menjelaskan, bahwa Kabupaten Parigi Moutong, memiliki luas hampir setara di Daerah yang berada di Pulau Jawa, seperti Magelang dengan jarak tempuh 471 Kilo meter tiba di Jakarta diurus oleh 3 orang Gubernur yaitu Jawa Tengah, Jawa Barat dan DKI, dan 18 Bupati Walikota.

“Kalau di sini (red-Parigi Moutong) hanya diurus satu orang Bupati. Maka perlu dimaklumi kalau mereka lebih dulu maju. Olehnya saya saat ini hanya bisa membagi tugas bersama bapak Wakil Bupati, beliau urus bagian selatan, saya urus bagian utara Parigi Moutong,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Mitra James Sumendap ketika menyampaikan sambutannya, berucap rasa terima kasih kepada Pemkab Parigi Moutong, karena telah mampu menjamu dengan baik.

“Kecamatan Tinombo sangat luar biasa dan merupakan surga bagi wilayah ini. Saya ahli di Bidang penataan lemskay berkaitan dengan kemajuan dan kearifan lokal tanpa mengorbankan yang lain. Jadi, sangat menajubkan tempat ini (red-Tinombo),” ucap James.

Bahkan Bupati Mitra, James Sumendap memuji topografi Parigi Moutong yang begitu cukup bagus. Sehingga, ada upaya pihak Pemkab Mitra melakukan studi tiru yang dimiliki Kabupaten Parigi Moutong.

“Kami akan banyak belajar di sini. Sebab dari perbatasan Sijoli Kecamatan Moutong sampai perbatasan Maleali Kecamatan Sausu, memiliki potensi pertanian dan perikanannya luar biasa,” tutupnya. (PP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *