Seluruh Elemen Diminta Saling Mendukung Wujudkan DOB

oleh -7 views
RAKOOR - Bupati Parigi Moutomg, Samsurizal Tombolotutu saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) percepatan pemekaran DOB Tomini Raya dan Moutong, di Tinombo, Senin (4/10/21). Foto : Istimewa

Parigi, Pospena.com – Seluruh elemen di Kabupaten Parigi Moutong diminta saling mendukung dalam percepatan mewujudkan dua Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Tomini Raya dan Moutong.

Bupati Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu mengatakan, dukungan paling utama saat ini agar para pemangku politik di DPRD dan DPR RI ikut berperan.

Sebab menurut Samsurizal, dokumen Amanat Presiden (Ampres) untuk calon DOB Tomini Raya dan Moutong sudah tersedia, tinggal dukungan politik di DPR RI.

“Walaupun masih Moratorium, kita terus bersatu agar secepatnya Tomini Raya dan Moutong di mekarkan. Karena sudah mempunyai Ampres, dan ini harus kita kawal,” sebut Samsurizal saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) percepatan pemekaran DOB Tomini Raya dan Moutong, di Tinombo, Senin (4/10/21).

Samsurizal mengakui, saat ini agenda pembentukan DOB masih dimoratorium oleh Pemerintah Pusat, namun diyakini suatu saat akan dicabut.

“Jika melihat fenomena pembentukan kabupaten baru di Provinsi Papua saat ini, saya yakin moratorium akan dicabut,” jelasnya.

Samsurizal juga berharap, agar dukungan dari Parpol yang ada di DPRD Parigi Moutong, dapat melanjutkan perjuangan pembentukan kedua DOB, kiranya dapat selalu digaungkan ke Ketua Partai masing – masing yang ada di Jakarta.

“Melalui ketua umum partai, agenda tersebut bisa dititipkan kepada perwakilan parpol yang duduk di DPR RI. Sehingga saat masuk agenda hak inisiatif DPR, DOB Tomini Raya dan Moutong, bisa menjadi skala prioritas untuk dibahas,” harap Bupati Parigi Moutong dua periode itu.

Samsurizal juga berpesan, agar Bupati penggantinya nanti, tetap memperjuangkan pembentukan DOB Tomini Raya dan Moutong. (DISKOMINFO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *