Kades Kotaraya Timur : Membangun Desa Dengan Sistem Mandiri Dan Swakelola.

oleh -199 views
Kepala Desa Kotaraya Timur Dewa Nyoman Oka .

PARIMO,Pospena.com- Tidak ingin Pelaksanaan kegiatan pembangunan di Desa menjadi jebakan yang berujung pada perbuatan melawan hukum atau pelanggaran maladministratif, Pemerintah Desa (Pemdes) Kotaraya Timur kecamatan Mepanga Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), melibatkan masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur desa.

Hal itu di ungkapkan oleh Kepala Desa (Kades) Kotaraya Timur Dewa Nyoman Oka yang di temui media Pospena.com selasa (25/06) kemarin, kata dia,  Ingin desa lebih maju dan mandiri, masyarakat dan Pemerintah desa harus bergadengan tangan terlibat langsung dalam proses pembangunan. kami selaku Pemdes berkomitmen dalam menjalankan pembangunan di desa kota raya timur melalui sistem mandiri dan swakelola.

“mulai dari perencanaan, penyusunan anggaran, sampai kepada pelaksanaan pekerjaan semua melalui musyawarah desa.  Salah satu contoh yaitu pembuatan talud 1250 meter dan pengerasan jalan antar dusun, pelaksanaan pekerjaan tersebut sudah mencapai 90 persen walaupun sebagian anggarannya belum dicairkan,”Ucapnya.

Lanjut dia, pemerintah desa tidak hanya bersinergi dengan masyarakat kecil, namun masyarakat desa kotaraya timur sebagian memiliki usaha toko bangunan, sehingga pengembangan desa ini dapat terlaksana berkat bantuan pemilik toko dan pengusaha kecil lainnya.

“atas permintaan masyarakat yang bekerja agar pekerjaan tidak terlambat hanya karena pencairan dana yang lambat, maka kami meminta pemilik toko tak lain adalah masyarakat desa ini, untuk meminjamkan bahan yang dibutuhkan, setelah pencairan baru dibayarkan,”jelasnya.

Dia menambahkan, tidak hanya infrastruktur, dari Bidang pendidikan desa kotara timur juga mendapat predikat HI (holistik interaktip) untuk sekolah Tk-paud, dari Pemda Parimo, dan untuk peningkatan ketertiban dan lingkungan keaman di desa pihaknya juga membentuk Posramil Tiga Pilar antara Kades,TNI,POLRI. Tutupnya.

ALJAR.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *