Di Parigi Moutong, Ilabulo Makanan Khas Gorontalo Paling Diburu Peminatnya.

oleh -379 views
Ilabulo, Makanan Khas Gorontalo Yang Diminati Warga Parigi Moutong

PARIMO,Pospena.com- Makanan khas Gorontalo yang sering dijadikan oleh-oleh bagi keluarga, kerabat atau pendatang bila berkunjung ke kota gorontalo yakni Ilabulo. Namun pengembangan pembuatan Ilabulo tidak hanya di gorontalo, tetapi telah menyebar ke daerah lain, salah satunya Kabupaten Parigi Moutong (Parimo).

Elis, Warga Asal Gorontalo yang mengeksplorasi jajanan ilabulo di Jalan Pasar Inpres Tagunu Kelurahan Bantaya, Kecamatan Parigi ini mengaku kewalahan, pasalnya di bulan Ramadhan ini, selain melayani pesanan dia juga harus melayani pengunjung di tempat dia berjualan, mengingat banyaknya pengunjung memilih membeli langsung sesui dengan ke inginginan cara panggang ilabulo. Elis mengaku ratusan biji perhari masih saja belum mencukupi, karena sulitnya membungkus dan mencari daun pisang.

“selera pembeli tidak sama, walaupun resep dari ilabulo sama namun pembeli terkadang memilih pemanggangannya ilabulo agak hangus, dan ada juga yang biasa saja, makanya kami belum memangggang ilabulo jika belum ada pembeli, biar rasa yang masih hangat lebih nikmat untuk di cicipi,”kata Elis kepada media ini (26/05) siang tadi.

Elis menambahkan Makanan khas Gorontalo ini terbuat dari tepung sagu yang didalamnya diisikan campuran telur ayam, hati ampela ayam, daging ayam, lalu dibumbui rempah dan dibungkus daun pisang setelah itu panggang.

“hanya dengan tepung sagu perbedaan disatukan menjadi makanan yang lezat dan dinamakan Ilabulo. Makanan ini hanya di dapat di satu hajatan atau pesta pernikahan suku gorontalo,” tutupnya.

TOMMY.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *