Ketua PPM Parimo: Parigi Moutong Primadona dari Sumber Daya Kekayaan Alamnya

oleh -58 views

POSPENA.COM, Parimo – Ketua Pemuda Panca Marga Kabupaten Parigi Moutong Amin Papeo,SE mengatakan, kabupaten Parigi Moutong memiliki sumber daya alam yang melimpah.

Hal itu dikatakanya di Parigi kepada media ini Jumat,7/10/ 2022.

Menurut Amin Papeo kekayaan sumber daya alam yang ada dikabupaten Parigi Moutong dari sektor kelautan dan perikanan yang terbesar dan sumber daya alam lainya.

Hal itu terlihat dari bentangan garis panjang kabupaten Parigi Moutong 472 kilometer,sangat strategis untuk dikembangkan.selain itu hamparan lahan pertanian persawahan tanaman padi membentang luas.

Dikatakan disaat kabupaten Parigi Moutong belum dimekarkan dari kabupaten Donggala,kecamatan Parigi dan sepanjang ampibabo,Tinombo dan Moutong menjadi sumber strategis,untuk ketahanan pangan.

Wilayah Parigi Moutong dulunya sudah menjadi daerah penghasi beras,dan setiap tahunya surplus.hingga sekarang.

Dengan pertimbangan begitu luas dan panjangnya wilayah kabupaten Parigi Moutong wajar saja jika dilakukan pemekaran wilayah,dan pihaknya sangat mendukung pemekaran itu.selain itu dengan terjadinya pemekaran wilayah,secara kultur eks wilayah kerajaan Moutong dapat mengelolah sumber daya alamnya sendiri,SDM juga disetiap wilayah dapat sejahtera dan lebih baik lagi.

Begitupula dengan eks wilayah kerajaan Parigi dan sekitarnya dapat mengelolah SDA dan SDM wilayahnya dan memberdayakan generasi yang dapat mengelolah sumber daya alamnya.sehingga peran para tokoh adat dari tada hingga Moutong Molosipat,dan para tokoh adat dari pesona hingga  Maleali untuk mendukung pemekaran wilayah masing – masing sesuai aspirasi masyarakat dimasing-masing wilayah.

karena selain kekayaan alam akan kelautan juga terdapat pertambangan didaerah ini.yang harus dikelolah dengan baik.”ungkap Amin Papeo Tokoh pejuang pemekaran kabupaten Parigi Moutong 1997- 1998 kelompok 25.

SIDIK,SH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *