Meriahkan HUT ke- 43, Kecamatan Mepanga Gelar Pameran Expo

oleh -3 views

Camat mepanga Moko Ariyanto, SH, dalam pembukaan Pameran Mepanga Expo mengatakan bahwa kegiatan pameran yang menyuguhkan Produk – produk UKM ini pertama kalinya dilaksanakan di tahun 2022.

Pameran Mepanga Expo 2022 dalam rangka Hari Jadi ke – 43 Kecamatan Mepanga tersebut dibuka dan digelar di Komplek Kantor Camat Mepanga. Sabtu 10/9/2022.

Menurut Moko Ardiyanto, point penting dalam pelaksanaan Pameran Expo ini ialah meletakkan dasar dan pondasi ke masyarakat agar tidak menjadi masyarakat yang konsumtif.

“Jangan hanya menjadi masyarakat konsumtif dikarenakan banyak produk yang masuk dari daerah lain tetapi bagaimana menanamkan dasar pemikiran kepada masyarakat bahwa kita bisa menjadi masyarakat produktif, wilayah kita kaya akan potensi dan Sumberdaya”, ucapnya.

Olehnya saya berharap, “masyarakat diwilayah ini jangan hanya jadi penonton dan pemakai Produk dari luar tetapi bagaimana kita bisa menghasilkan produk – produk UKM yang berkualitas dan dapat bersaing di pasaran sehingga roda perekonomian masyarakat di wilayah ini dapat meningkat”, harapnya.

“Pameran expo ini diikuti oleh 55 stand Pameran dengan menampilkan produk –produk dari 44 UKM dari 18 Desa yang ada di Kecamatan Mepanga, selain itu kami juga berbangga karena pameran Expo ini turut diikuti oleh UKM dari luar daerah yaitu Palu dan Gorontalo”, tutupnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Parigi Moutong H. Badrun Nggai, SE, membuka secara resmi kegiatan Mepanga Expo, dalam sambutannya mengatakan, “bahwa sumberdaya alam diwilayah Kecamatan Mepanga ini sangat besar dan menjadi sumber potensi yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang berbasis pada UMKM”, ujarnya.

Instansi terkait seperti Dinas Koperasi Dan Perdagangan agar terus lakukan pendampingan kepada kelompok-kelompok UMKM, sehingga memiliki akses permodalan serta sarana prasarana yang memadai terutama untuk Pangsa Pasar yang nantinya hasil dari olahan ini akan menjadi Brand Lokal yang mampu bersaing di dunia Pasar, penggagas dan pelaku usaha perlu memperhatikan kualitas serta Inovasi agar mutu Produk memiliki nilai jual yang baik dipasaran.

“Olehnya saya berharap kepada Pemerintah Kecamatan Mepanga agar dapat melakukan pembinaan secara terus menerus kepada para pelaku UMKM dan sektor usaha lainnya agar lebih produktif dan inovatif dalam mengembangkan usahanya”, harapnya.

“Tujuan kita adalah membangun sentra-sentra produksi berskala Mikro, yang nantinya akan membuka peluang Investasi bagi Daerah dan peningkatan ekonomi yang tujuannya mensejahterakan Masyarakat”, tambahnya.

Wabup juga menghimbau kepada masyarakat agar tetap menjaga stabilitas keamanan diwilayahnya terkait dampak kenaikan BBM yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat olehnya Pemerintah daerah bersama unsur Forkompinda Kabupaten telah melakukan pertemuan dan membahas dampak potensi kenaikan BBM ini.

“Kami telah bersepakat menjaga dan mengawasi penyaluran BBM bersubsidi agar tepat sasaran kepada masyarakat, jadi tidak ada lagi antrian jerigen di SPBU atau ada permainan oknum SPBU yang mencoba mengambil untung sendiri ditengah kenaikan BBM ini”, tutupnya.

Asisten Administrasi Umum Provinsi Sulawesi tengah Mulyono, SE, AK, MM yang turut hadir dalam pembukaan Mepanga Expo tersebut mengatakan “kegiatan Pameran Expo seperti ini merupakan langkah strategis untuk memperkenalkan produk UKM dan UMKM yang merupakan produk asli Daerah yang tentunya akan meningkatkan perekonomian masyarakat setempat”, ungkapnya.

“Saya berharap masyarakat dan pengunjung dapat menikmati sehingga sapat menjadi wadah strategis bagi umkm untuk mempromosikan produknya”, tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *