Live RRI Net, Palu-Gorontalo, Berikut Penyampaian Wakil Gubernur

oleh -22 views

POSPENA.COM- Palu. Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah Drs. H. Ma’mun Amir didampingi Tenaga Ahli Menteri Maritim DR. Ir. Hasanudin Atjo, MP selaku narasumber mengikuti Live RRI Net, Palu-Gorontalo dengan presenter Nita Surbakti mengangkat tema ‘Pembangunan Regional Gorontalo-Sulawesi Tengah Hadapi IKN’ bertempat di ruang kerja Wakil Gubernur, Senin 29 Agustus 2022.

Terpisah, di Provinsi Gorontalo Live RRI Net, Palu-Gorontalo di pandu presenter Taufik Usman menghadirkan narasumber Pj. Gubernur Gorontalo Ir. Hamka H. Noer MS, Phd, Tokoh Publik sekaligus Lemhanas RI, DR. Ir. Gusnar Ismail, MM serta Wakil Ketua DPRD Toli-toli Jemi Yusuf.
   
Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H. Ma’mun Amir menjawab pertanyaan presenter RRI Nita Surbakti menyampaikan Provinsi Sulawesi Tengah menyambut gembira dengan ditunjuknya Provinsi Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Negara. Untuk itu Gubernur Sulawesi Tengah menyiapkan segala sesuatunya dalam menyambut IKN terutama infrastruktur untuk mensuplai IKN baik melalui darat, udara serta laut. Tahun 2023 pembangunan infrastruktur ditargetkan multi year.

Apalagi dengan ditunjuknya Provinsi Sulawesi Tengah sebagai kawasan pangan nasional penyangga IKN. “Untuk sektor pertanian beberapa kabupaten sebagai lumbung padi yakni Kabupaten Banggai, Parigi Moutong dan Kabupaten Poso. Untuk sayuran berasal dari Kabupaten Donggala, Kabupaten Sigi serta Kabupaten Poso sementara jagung, kelapa dan komoditi lainnya berasal dari setiap kabupaten/kota di Sulawesi Tengah,” beber Wakil Gubernur.

Lebilh lanjut Wakil Gubernur menegaskan, Gubernur Sulawesi Tengah telah melakukan MoU dengan pihak perbankan untuk program Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan suku bunga rendah guna pengembangan UMKM, untuk itu dihimbau agar masyarakat dapat memanfaatkan KUR dengan sebaik-baiknya, Gubernur Sulawesi Tengah juga telah meresmikan kawasan maritim ikan segar di Kabupaten Banggai, industri peternakan sapi dan jagung dan sebagainya.

Sementara itu Pj. Gubernur Gorontalo Ir. Hamka H. Noer MS, Phd menyampaikan dalam menghadapi IKN, perlu ada kolaborasi antara Provinsi Gorontalo dengan Provinsi Sulawesi Tengah, senada mantan Gubernur Gorontalo dan Lemhanas RI Dr. Ir Gusnar Ismail MM berharap terjalinnya kerjasama antara Provinsi Sulawesi Tengah dengan Gorontalo serta merespon pengembangan IKN terutama dari segi digital dan menggunakan hak otonomi sebagai IKN.

Sumber: Biro Administrasi Pimpinan

SIDIK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *