Pemkab Gorontalo dan Parigi Moutong Kerja Sama SDA

oleh -1 views
TANDA TANGAN - Proses penandatanganan kerja sama antara Bupati Gorontako dan Parigi Moutong, dalam pengembangan Bidang Pertanian, Perikanan, Peternakan dan Budaya. Foto : Istimewa

Pemkab Gorontalo dan Parigi Moutong Kerja Sama S

Tinombo, Pospena.com – Pemerintah Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo dan Parigi Moutong melakukan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) atau perjanjian kerja sama dalam pengembangan Sumber Daya Alam (SDA) Bidang Pertanian, Perikanan, Peternakan hingga Budaya.

Bupati Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu sangat menyambut baik dengan kedatangan Pemkab Gorontalo.

“Selamat datang Bupati Gorontalo bersama rombongan di bumi Songu Lara Mombangu. Parigi Moutong  mempunyai garis pantai 472 kilo meter yang terbentang dari Maleali Kecamatan Sausu hingga Sijoli Kecamatan Moutong, dan Alhamdulillah masyarakatnya hidup rukun dan damai,” sebutnya.

Sementara itu, Langkah MoU yang diambil Pemkab Gorontalo tersebut, karena terarik dengan SDA yang dimiliki Kabupaten Parigi Moutong mulai dari pertanian yaitu komoditas Kelapa.

“Saya lihat banyak sekali kelapa di sini (red-Parigi Moutong). Saya punya 3 Pabrik kelapa di Gorontalo. Sehingga, ini

menjadi salah satu motivasi saya untuk datang ke sini,” kata Bupati Gorontalo Prof. Dr. Ir. Hi. Nelson Pomalingo, MPd., di sela penandatanganan MoU di kawasan Taman Lagueyas, Tinombo, Selasa (26/10).

Selain komoditas pertanian, Bupati Gorontalo turut tertarik dengan pengembangan sektor Perikanan, kemudian peternakan hingga Budaya yang ada di Kabupaten Parigi Moutong.

“Saya lihat di sini banyak tambak, ini luar biasa. Dengan adanya tambak udang di mana – mana dapat menumbuhkan ekonomi Masyarakat,” sebutnya.

Menurut Nelson, jika nanti kerjasama ini berjalan sesuai harapan, maka pihaknya turut bekerjasama dengan Provinsi DKI Jakarta, yang setiap harinya DKI meminta 500 ekor sapi dan secara otomotis setiap bulanya kurang lebih 50 ribu ekor sapi yang harus disiapkan.

“Untuk mensuplai itu tentunya bisa bekerjasama dengan Pemda Parigi Moutong, namun khusus yang ini mungkin blum bisa dipenuhi, tetapi jika ada yang ingin menjual sapi ke Gorontalo silahkan. Kemudian kita kirim melalui Container dan sudah di potong dari sini,” jelasnya.

Disisi dalam pengembangan sejarah atau Budaya, Bupati Gorontalo mengaku takjub. Sebab, terdapat kerajaan. Oleh sebab itu, pihaknya nanti membuat sebuah pertemuan raja – raja Nusantara se Indonesia yang berpusat di Wilayah yang dipimpinnya, namun hanya berasal dari keturunannya.

“Ini untuk memperkuat hubungan antara Gorontalo dan Parigi Moutong. Apalagi Pak Bupati Samsurizal merupakan keturunan ke lima, sangat luar biasa. Ini perlu dijaga dengan baik,” harapnya.

Selain beberapa kerjasama dilakukan, kedepan Bupati Gorotalo berjanji akan membangun kerjasama dengan dunia pendidikan terutama dalam membangun kelas Perguruan Tinggi. Agar, anak – anak di Parigi Moutong terutama bagian utara tidak perlu jauh lagi menempuh Kuliah. (DISKOMINFO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *