Tingkatkan PAD DPUPRP Parimo Upayakan Akreditasi Laboratorium

oleh -5 views
Moh. Rivai ST. PLH Kadis DPUPRP Kabupaten Parimo.

PARIMO,Pospena.com Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), menyiapkan sejumlah kebutuhan syarat untuk memenuhi Laboratorium berlabel akreditas.

Sekretaris DPUPRP Kabupaten (Parimo) Rivai, yang di temui media ini Senin (29/6). di ruang kerjanya mengatakan, salah satu upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), yaitu dengan memberi label akreditas pada Laboratorium milik DPUPRP.

Dia menjelaskan, dengan berlabel terakreditas, akan memberi keuntungan bagi DPUPRP Parimo, menjadi pemilik satu dari dua Laboratorium terakreditas di Propinsi Sulawesi Tengah.

Menurut dia, label terakreditas itu berpotensi menjadikan Laboratrium milik DPUPRP ini, sebagai salah satu rujukan terhadap proyek-proyek pekerjaan fisik milik pihak swasta.

“Sejauh ini, PAD kami Laboratorium hanya berasal dari sejumlah kegiatan fisik yang ada pada lingkup Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Daerah (Pemda) Parigi Moutong,” ungkapnya.

Terkait hal tersebut kata dia, saat ini pihaknya sedang merapungkan beberapa persiapan termaksud, memenuhi sejumlah kebutuhan Laboratorium yang menjadi syarat untuk mengantongi akreditas dan Badan Akreditas Nasional (BAN).

“Untuk sekarang, baru tiga alat dalam Lab kami yang sudah siap yaitu, pengujian beton, argegat dan aspal. Insyaallah, sebelum akhir tahun, tiga alat lagi bisa kami penuhi. Kami kejar tahun depan sudah terakreditas Lab ini,” ujarnya.

Selain pengadaan beberapa alat yang akan digunakandi Laboratorium tersebut lanjut dia, pihaknya juga membutuhkan sejumlah tenaga ahli yang bersertifikat serta sarat pengalaman dari Laboratorium yang  berakreditas pula.

“Kemudian, untuk tenaga ahli yang nanti menjadi petugas di Lab itu, adalah mereka yang berkompoten. Memiliki sertifikat keahlian bidang dan punya pengalaman kerja di Lab yang berakreditas juga,” terangnya.

Dia menambahkan, jika Lab DPUPRP telah mengantongi akreditas. Menurutnya, dengan melibatkan DPUPRP, sedikitnya dapat memberi penguatan terhadap Pemerintah Kecamatan maupun Desa, terkait hal teknis pada program kegiatan fisik di wilayahnya.

“Kami berencana mengirim surat ke Pemerintah Kecamatan hingga Desa, agar bisa bekerjasama dalam hal ini,” Tutupnya.

TOMMY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *