Ketua Bawaslu Provinsi Sulteng Lantik 69 Panwascam Parimo

oleh -27 views
Bawaslu Provinsi Sulteng, Ruslan Husen Lantik 69 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Kabupaten Parigi Moutong

Parimo,Pospena.com- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), melantik 69 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dari 23 Kecamatan yang ada di wilayah Parimo.

Pelantikan Panwascam tersebut dilakukan untuk Pengawasan Pemilihan Gubernur Sulawesi Tengah tahun 2020 mendatang. Kegiatan itu bertempat di Hotel Anutapura Parigi, Senin (23/12).

Ketua Bawaslu Provinsi Sulteng, Ruslan Husen mengatakan, bahwa Pelantikan Panwascam ini di laksanakan sejak tanggal 22 Desember 2019 hingga 23 Desember 2019 di 12 Kabupaten dan 1 Kota yang ada di Wilayah Provinsi Sulteng.

“Kami sebagai Bawaslu, telah tuntas melantik Panwascam yang ada di 12 Kabupaten dan 1 Kota ini sejak tanggal 22 Desember 2019 hingga hari ini 23 Desember 2019, pelantikan ini kami laksanakan karena seluruh peserta atau Panwascam yang kita Lantik ini mereka sudah mengikuti proses perekrutan yakni mereka sudah lulus Administrasi, lulus Tes tertulis dan Lulus tes wawancara. Sehingga dengan itulah maka Bawaslu setempat melakukan Pelantikan pada mereka yang sudah lulus dalam ujian,” ungkap Ruslan selaku Ketua Bawaslu provinsi Sulteng, saat Konferensi Pers usai Pelantikan Panwascam.

Lanjut dia, bahwa dari hasil seleksi Panwascam ini ada beberapa Anggota Panwascam yang belum sempat di Lantik atau di tunda pelantikannya, yakni 1 orang Panwascam di kabupaten Morowali Utara, 3 Orang di Kabupaten Banggai dan 1 orang di Kabupaten Parimo. 

“Belum di lantiknya Panwascam di tiga kabupaten itu di sebabkan, adanya kesalahan Persyaratan pada Panwascam itu, yakni anggota Panwascam itu tidak boleh masuk dalam Partai Politik ataupun tidak menjadi tim kampanye. Maka dari itulah di tunda pelantikannya, dan dalam hal ini Bawaslu akan melakukan Penelusuran terkait Informasi itu. Jadi masukan dari masyarakat itu sangat penting,”terang Ruslan 

Ruslan mengatakan, selain itu, untuk Anggota Panwascam yang ASN dia wajib meminta surat Pengunduran dirinya dari jabatan di Pemerintahan, dan resmi meminta izin dari atasannya langsung, dan itu terjadi pada anggota Panwascam di kabupaten Parimo ini.

“Karena hingga saat Pelantikan Panwascam hari ini yang bersangkutan belum juga menyerahkan surat Pengunduran dirinya dari jabatannya di Pemerintahan, maka yang bersangkutan di tunda pelantikannya, dan anggota Panwascam yang di maksud adalah anggota Panwascam di kabupaten Parimo,”tutupnya.

Dalam Pelantikan Panwascam turut Hadir Ketua Bawaslu Provinsi, Staf Ahli Pemerintah Hukum dan Politik Sekda Parimo, dan Anggota Bawaslu Parimo.

TOMMY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *