Pemdes Lobu Mandiri Di Duga Palsukan Dua Cap Toko Pertanian Demi Lolosnya LPJ

oleh -441 views

PARIMO,Pospena.com- Dugaan pemalsuan cap toko Mutiara Tani dan Sumber Tani yang dilakukan oleh pemerintah desa (pemdes) Lobu Mandiri, Kecamatan Parigi Barat, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo). Masyarakat Mengharapkan Aparat Penegak Hukum menindak lanjuti dan melakukan pemanggilan kepada kepala desa Yusak Gigir terkait adanya cap palsu yang diduga dipakai untuk meloloskan Laporan Pertanggung Jawabkan (LPJ) pengelolaan Dana Desa (DD).

Nur Afni, Bendahara Desa lobu yang dikonfirmasi Via Telpon mengatakan, dia tidak mengetahui kapan kedua cap tersebut dipakai, dan dia mengaku selama menjabat sebagai bendahara pernah memakai cap untuk pertanggungjawaban pengadaan kelompok lewat profosal yang diajukan oleh masyarakat terkait bahan pertanian.

“kedua cap itu memang pernah dipakai untuk Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) pengajuan bahan pertanian oleh kelompok, namun saya lupa tahun berapa,”jawabnya.

Anehnya dalam pembuatan LPJ menurut Nur Afni Selaku bendahara, kelompok yang mengajukan Profosal bantuan bahan-bahan pertanian justru LPJnya di buat oleh kelompok, bukan pemerintah desa.

“Saya Jadi bingung terkait cap itu, karena saya lupa kapan pertanggung jawaban itu dibuat, karena saya lupa tahunnya. Nanti hubungi kadesnya, mungkin dia masih ingat tahunnya,”kata Nur Afni.

Kades Lobu Mandiri Yusak Gigir yang ditemui media ini di kediamannya mengaku tidak mengetahui kedua cap itu, karena banyaknya cap yang dipakai untuk LPJ sehingga dia tidak ingat kedua cap tersebut.

“Desa Lobu Mandiri pernah melakukan pembelanjaan di toko mutiara tani, tetapi yang belanjakan mantan sekdes, dan pembelanjaannya setiap tahun selalu ambilnya disitu,”ungkapnya.

Lanjut yusak, kaitan dengan cap tersebut dia tidak tau menau, karena bukti pembelanjaan  seperti nota toko ada dalam pertanggungjawaban.

“entah palsu atau tidaknya itu cap saya tidak tau, yang jelas barangnya ada, dan nota pembelanjaannya juga ada,”kata yusak.

TOMMY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *