Di Duga Menggelapkan Dana Bumdes, Yusak Gigir Sengaja Diloloskan P2KD Desa Lobu Mandiri.

oleh -530 views
Kades Lobu Mandiri Yusak Gigir, Foto : Ist.

PARIMO,Pospena.com- Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Lobu Mandiri Kecamatan Parigi Barat secara Serentak di Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) pada tanggal 29 juni 2019 kemarin, masyarakat Desa Lobu Mandiri yang tergabung dalam Forum Masyarakat Peduli Lobu Mandiri (FMPLM) memprotes proses pembentukan panitia pemilihan Kepala desa (P2KD) oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang membentuk P2KD Tidak memiliki legalitas Surat Keputusan (SK).

Kordinator FMPLM Bambang Sutedjo Saiman mengatakan, adanya proses yang tidak benar sehingga pembentukan panitia P2KD desa lobu mandiri menyalahi aturan yang sesuai dengan Jumlah Daftra Pemilih Tetap (DPT) yang seharusnya berjumlah lima Panitia, di paksakan menjadi tujuh orang panitia pemilihan.

“seharusnya P2KD itu hanya berjumlah lima orang, bukan tujuh orang, karena tidak sesuai dengan DPT desa lobu mandiri, berarti ketua BPD sengaja memperbanyak anggota P2KD agar petahana Yusak Gigir lolos,”ungkapnya.

Lanjut Bambang, indikasi kesengajaan yang di lakukan oleh P2KD jelas dengan sengaja meloloskan calon kepala desa Yusak Gigir yang di Duga telah menyelewengkan Dana BUMDes Tahap I sejumlah Rp.20.000.000. dan persolan tersebut benar, BPD telah melakukan klarifikasi kepada yang bersangkutan Yusak Gigir, dan dia mengakui bahwa dana tersebut belum di serahkan ke rekening BUMdes.

“Ketua BUMDes Ramuan Talundu telah kami konfirmasi, dia justru membenarkan bahwa sampai tanggal 03 bulan Juli dana penyertaan modal BUMDes tersebut belum di transfer ke rekening BUMDes Sintuvu,”ujar Bambang.

TOMMY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *