Kades Lobu Mandiri Di Duga Sengaja Gerogoti Dana Bumdes Dan Gemar Memainkan DD.

oleh -657 views
Kades Lobu Mandiri Yusak Gigir, Foto : Ist.

PARIMO,Pospena.com- Dana Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di duga sengaja di mainkan oleh Kepala Desa (Kades) Lobu Mandiri Kecamatan Parigi Barat, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo). Faktanya dana Bumdes tahap satu tahun 2019 senilai 20 juta rupiah belum di serahkan oleh Yusak Gigir Sebagai Kades, kepada Ramuan selaku ketua bumdes Desa Lobu Mandiri.

Tidak hanya dana bumdes, penyelewengan Dana Desa (DD) yang termuat dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBdes) tahun 2017 dan 2018, sama sekali tidak ada kejelasan, beberapa item dana seperti dana pameran usaha kerajinan masyarakat tahap satu 2018 senilai Rp. 7.200.000, rehab kantor desa tahun 2017  yang tidak memiliki Laporan pertanggungjawaban (LPJ), dan dana pajak pekerjaan fisik senilai  Rp. 21.000.000 tahun 2018 yang menjadi kewajiban desa untuk memenuhi pembayaran, sama tidak dibayarkan oleh yusak hingga tahun ini.

Deni mantan Sekertaris Desa (Sekdes) yang di konfirmasi media ini Via Telpon mengatakan, memang sewaktu dia menjabat dana bumde tersebut sudah di serahkan, tetapi penyerahannya bukan melalui rekening bumdes, melainkan langsung kepada pak Kades untuk di teruskan kepada Ramuan selaku ketua bumdes.

“memang pencairan tahap satu, selain penyelesaian pekerjaan fisik, saya juga telah meyerahkan uang bumdes senilai Rp. 20.000.000 agar pengelolaannya maksimal untuk tahun 2019 ini, selain itu bumdes yang ada di desa ini juga bisa terlihat sistim dan program yang di lakukan oleh pengelola bumdes,”katanya.

Ditanyakan terkait dana pajak yang menjadi kewajiban desa, Deni tidak ingin berkomentar banyak, semenjak dia menjabat sekdes, dia tau bahwa kewajiban desa Dalam pengelolaan Keuangan Desa juga sudah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 113 tahun 2014. Didalam peraturan tersebut juga sudah dijelaskan secara detail soal keuangan desa termasuk dalam urusan pajak atas dana desa.

“Nanti kalau urusan pajak silahkan tanyakan ke kadesnya, setahu saya dana pajak itu sudah ada dan wajib untuk dibayarkan,”Ucapnya.

TOMMY.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *