Desa Jononunu Dijadikan Lokasi Program Sanimas

oleh -224 views
Kabid Cipta Karya DPUPRP Parimo, Nyoman Adi (Foto/Ist)

PARIMO, Pospena.com- Tahun 2018 ini, kabupaten Parimot menjadi salah satu wilayah sasaran program Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) dari Kementerian PUPERA, untuk mengatasi problem sanitasi air limbah bagi masyarakat yang tidak mempunyai akses sanitasi yang layak.

Hal itu diungkapkan, Nyoman Adi Kabid Cipta Karya pada Dinas PUPRP Parimo yang ditemui Pospena.com diruang kerjanya, belum lama ini.

Dia mengatakan, desa yang ditunjuk untuk pembangunan Sanimas tersebut yakni, Desa Jononunu Kecamatan Parigi Tengah. Sebab, beberapa persyaratan kriteria sebagai penerima program terpenuhi, diantaranya ketersediaan lahan dan pemerintah desa menyatakan berminat melaksanakan.

“Kami menyampaikan kepada kepala desanya, kebetulan kepada desanya berminat. Karena, program seperti ini kan, harus ada pernyataan berminat. Apalagi tidak semua desa yang berminat,” ungkapnya.

Menurut dia, program ini bukan ditangani langsung oleh pihak DPUPRP Kabupaten Parimo, melainkan Pemprov Sulteng melalui dinas terkait. Hanya saja, pendamping program  melakukan koordinasi kepada pihaknya, untuk lokasi pembangunan Sanimas tersebut.

Tujuan program Sanimas itu kata dia, yakni memenuhi target akses universal 100-0-100 pada tahun 2019. Salah satunya, 100% masyarakat mempunyai akses sanitasi yang layak.  Melalui program Sanimas ini masyarakat memilih sendiri sarana dan prasarana air limbah permukiman dengan membentuk Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang aktif menyusun perencanaan, pelaksanaan, serta operasi dan pemeliharaannya, dan bilamana memungkinkan untuk dikembangkan.

“Kalau di kabupaten Parmout pembangunan Sanimas komonal kemarin, kita buatkan taman bermain diatasnya untuk menghindari kesan kumuh diatasnya. Kemungkinan besar, di Jononunu akan dibangun seperti itu,” kata dia.

Kepala Desa Jononunu, Saharudin B. Lawasa membenarkan terkait rencana pembangunan program Sanitasi didesa tersebut. Dia mengatakan, pihaknya bersama pendamping telah melakukan pertemuan guna mensosialisasikan program itu.

Menurut dia, rencananya pembangunan Sanitasi itu berlokasi di dusun II, karena nantinya pihaknya akan menempatkan pembangunan taman baca dilokasi yang sama. Sehingga, program tersebut akan singkron dengan program desa.

“Diatas Sanimas itu kan nanti ada taman bermain, makanya kami tempatkan ditaman baca yang rencananya akan kami tempatkan dilokasi yang sama,” ujarnya.

Dia berharap, rencana pembangunan Sanimas tersebut mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat Desa Jononunu. Sehingga, Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) didesa jauh lebih baik dan layak.TOMY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *